Tuesday, June 22, 2010

Cara Sederhana Backup PC


Lama tidak menulis, akhirnya bisa update lagi, kali ini saya ingin menulis carabackup PC secara sederhana dengan tapi sering dilupakan oleh sebagian besar kalangan. Cara yang memang sebenarnya sudah disediakan oleh Microsoft Windows sendiri, yaitu System Restore. System Restore sendiri adalah aplikasi backup untuk jangka pendek agar bisa mengawetkan PC kita dan tentu cara ini tidak memakan harddisk lebih besar jadi tenang saja. 

Seperti yang kita tahu, kadang ada beberapa aplikasi yang tidak compatible dengan windows dan menyebabkan crash atau bahkan pada harus install ulang PC kita, nah peran back up ada disana,dan System Restore adalah salah satunya.

Sedikit modifikasi dari saya, kita hanya memback up drive C saja, kenapa? karna drive C adalah pusat jantung dari system operasi besutan Microsoft. Dan ini yang sering saya lakukan, kalau untuk drive D dan seterusnya itu tidak usah, karna jika di restore juga file penting kita seperti music,document dan lain-lain malah hilang, lebih gawat dari tidak gajian : ), tapi harus diingat system restore ini bersifat sementara, bukan permanen.

Ok sekarang kita coba backup PC kita, berikut caranya :

  • Aktifkan System Restore. Klik kanan pada icon My Computer >> Properties kemudian pilih tab System Restore kemudian hilangkan centang pada tulisan Turn off System Restore on all drive, jika sudah aktif, tetap masuk ke System Restore lalu ikutin cara kedua.

 


  • Pada drive C buat menjadi 3% saja atau berapapun yang anda mau, tidak usah sampai maximal karna kita hanya membackup untuk keperluan jangka pendek bukan.

 

  • Pada Drive D dan drive E atur setting pada posisi 0% (ini kebetulan PC saya hanya 3 drive saja). Ini berguna agar System Restore tidak membackup file yang ada di drive D dan E karna file-file sekarang yang berada didrive tersebut justru takutnya terhapus saat di restore nanti.




  • Pada tahap ini seting drive untuk back up telah selesai, sekarang kita ke Start Menu >> All Program >> Accessories >> System Tools dan pilih System Restore. Silahkan pilih create a restore point, back up selesai.

Dan untuk mengontrol System Restore tersebut kita menggunakan CCleaner, karna semakin banyak restore yang kita buat semakin banyak harddisk yang di makan, jadi restore yang dianggap sudah usang atau tidak terpakai lagi bisa dihapus, cukup dengan me-Remove-nya saja dan selesai.



Catatan: Back Up ini adalah cara sementara agar terhindar dari windows crash atau masalah lainnya.Jika ingin membackup secara penuh gunakan software pihak ketiga saja, itu lebih mumpuni.

Download CCleaner disini
Download Versi ebooknya disini

3 comments:

  1. udah gw coba Ccleaner gan.. alternatif donlod Ccleaner > www.filehippo.com.. ati2 aj makenya.. masi ada bug ?.. kalo gw skrg pake tune up utilities aj.. :D

    ReplyDelete
  2. terima kasiha atas sharenya, iLmu baru buat saya. bermanfaat sob untuk menambah wawasan bidang iLmu komputerisasi.

    ReplyDelete
  3. kerennnn
    kerennnnnnnnn

    ReplyDelete

Silahkan komentari. Semoga bermanfaat buat sobat, terimakasih !